Saya Sebenarnya Masih Ingin Sekolah

dalam blogpost sebelumnya ditulis tentang keinginan seorang anak untuk terus sekolah di tingkat SMA tapi terbentur biaya, akhirnya putus sekolah. Selain biaya pendidikan, pemahaman orang tuanya tentang pendidikan yang kurang juga menjadi penyebab. Silahkan baca di article sebelumnya: Pendidikan Anak Urusan Siapa?

Membaca tulisan itu saya yakin dan percaya itu masih terjadi di Lebak Selatan. walau saya tak punya data yang valid.

Membaca tulisan itu, saya pun teringat beberapa tahun lalu, tepatnya ketika saya sedang menunggu proses kelulusan dari SMA. Teman masa kecil yang juga teman masa SMP menemui saya, dia cerita keinginannya untuk melanjutkan ke SMA.

Dia juga cerita tentang alasan kenapa dia jarang bermain lagi bersama saya dan lainnya setelah lulus SMP, dia malu karena tak melanjutkan sekola. Ya tuhaaannn... saya merasa tak menjadi sahabat yang baik dan benar-benar penduli pada temannya.

Sebagai informasi, sahabat saya ini secara akademiik termasuk orang yang pintar. Semasa di SMP dia selalu masu juara umum. Namun karena keterbatasan biaya pendidikan dia tak melanjutkan.  Saya sekali padahal dia juga punya semangat untuk terus belajar.

 Saya yang waktu itu masih SMA, tak bisa berbuat banyak. Saya hanya dapat mengantarkannya untuk bisa mengikuti ujian paket C.

Selain kejadian sababat saya itu, beberapa hari lalu seoarang kawan bercerita jika di daerah Cibeber masih ada anak yang selalu menjadi juara umum  di SMP tapi karena keterbatasan biaya pendidikan tak bisa melanjutkan.

Mendengar dua cerita itu tentu saja miris, satu sisi pemerintah pusat dan pemda lebak sedang menggalaka pendidikan tapi disi lain masih saja terjadi.

Akan tetapi ya sudahlah..tak usah menyalahkan pihak siapa pun.  Pertanyaan menariknya justru apa yang bisa kita lakukan?.

Tulisan Muthmainnah Maret di Kompasiana.com yang saya posting sebelumnya ini bisa saja menjadi solusi. Silahkan baca di: Zakat Untuk Pembiayaan Pelayanan Pendidikan: Agar Pendidikan Tidak Mahal.

 Mari kita bergerak nyata terhadap pendidikan di lebak selatan melalui Gerakan Penduli pendidikan lebak selatan. apa itu? silahkan baca disini


Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peduli Pendidikan Lebak Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger