Bagaimana Kulitas Pendidikan Banten Selatan?

Kualitas Pendidikan Banten Selatan Masih Rendah

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Banten Tahun Anggaran 2011, Agus Puji Raharjo mengaku prihatin dengan data rata-rata lama sekolah di wilayah Banten Selatan. Rata-rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Pandeglang hanya 6,47 sementara Kabupaten Lebak malah 6,24 tahun.

"Itu fakta bahwa angka partisipasi pendidikan masih bermasalah, terutama wilayah Banten Selatan. Persoalan ini jangan dipandang sebelah mata karena akan berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat,"kata kata Agus, Minggu (13/5).

Berdasarkan data dokumen LKPJ Gubernur tahun 2011, rata-rata lama sekolah Lebak 6,24 tahun, Pandeglang 6,47 tahun, Kabupaten Serang 7,05 tahun, Kota Serang 7,51 tahun, Kabupaten Tangerang 8,94 tahun, Kota Cilegon 9,67 tahun, Kota Tangerang 9,98 tahun, dan tertinggi Kota Tangerang Selatan 10,15 tahun. Dengan kata lain, rata-rata lama sekolah masyarakat Banten adalah 8,32 tahun.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyatakan,  kalau rata-rata lama sekolah Lebak 6,24 tahun dan Pandeglang 6,47 tahun, sama artinya bahwa mayoritas masyarakat di Banten Selatan tidak lulus sekolah dasar (SD). Kenyataan ini, menurut Agus, akan berdampak pada peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran.

"Pendidikan menjadi masalah yang berdampak pada pengangguran dan kemiskinan. Jika lulus SD saja tida, masyarakat mau kerja apa. Kemudian masyarakat akan berpenghasilan rendah atau miskin,"ujarya.

Kepala Dindik Banten Hudaya Latuconsina sebelumnya pernah mengakui angka rata-rata lama sekolah yang rendah di Lebak Selatan. Kata dia, soal rata-rata lama sekolah Banten berada pada posisi 8,32 tahun di atas rata-rata nasional 7,92 tahun. Menurutnya, Pemprov Banten harus menuntaskan rata-rata lama sekolah 9 tahun atau sederajat SMP. “Jika kita mampu menyelesaikan wajib belajar 9 tahun, maka berlanjut ke wajib belajar 12 tahun,"kata Hudaya. (warta/003)
Sumber: wartatangerang
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peduli Pendidikan Lebak Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger