Masih Kekurangan Guru, Dewan Pendidikan Lebak Minta Pemerataan Guru Direalisasikan

Dewan pendidikan Kabupaten Lebak meminta pemerintah daerah setempat melakukan pemerataan guru direalisasikan, sehingga tidak terjadi kekurangan antara perkotaan dan pedesaan.

”Selama ini pemerataan tenaga pendidik belum ideal karena guru banyak menumpuk di perkotaan,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Lebak Hasan Alaydrus di Rangkasbitung, Kamis. Ia mengatakan, selama ini Kabupaten Lebak tidak akan terjadi kekurangan guru antara perdesaan dan perkotaan. Apabila, rekrutmen penyaluran tenaga pendidik dilaksanakan dengan baik.

Saat ini, kata dia, pemerataan guru tidak seimbang antara kota dan desa. Sebetulnya, jumlah guru di Kabupaten Lebak sebanyak 7.247 orang sudah mencukupi untuk disebar di 28 kecamatan. Namun, kata dia, pemerataan guru yang tidak baik, sehingga terjadi kekurangan.”Kami berharap dinas pendidikan setempat segera melaksanakan pemerataan guru,” katanya.

Suryana (45), seorang guru SDN di Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, mengaku hingga kini sekolahnya yang berlokasi di desa terpencil kekurangan guru sebanyak empat orang. Saat ini, kata dia, guru yang ada hanya tiga orang, termasuk kepala sekolah.”Dengan kekurangan guru itu tentu kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian KepegawaLinkian Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Imam mengatakan, pihakya belum melakukan pemerataan guru karena sedang dilakukan verifikasi pendataan jumlah tenaga pendidik juga pemetaan sekolah. Apabila pemetaan tersebut sudah benar dipastikan akan dilaksanakan pemerataan guru.

Saat ini, ujar dia, Lebak hingga kini kekurangan guru untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sebanyak 2.478 orang.Mereka terdiri dari 1.062 guru kelas, 1.079 guru jasmani dan agama serta lainnya guru umum.Saat ini, kata dia, jumlah guru yang ada sebanyak 7.247 orang dan idealnya mencapai 9.725 orang.”Kami setiap tahun mengusulkan kekurangan guru itu kepada pemerintah agar ada pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS),” katanya. (ant-tim-one)
sumber: kontak-banten.com
sumber ilutrasi gambar:http://mgmp-ina.blogspot.com/
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peduli Pendidikan Lebak Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger